karyawan Hanya karyawan biasa yang kini sudah menjadi Direktur di perusahaan digital ternama di Indonesia. Ayo jadi karyawan sukses bersama Karyawan.co.id!

CMO : Peran, Tugas & Tanggung Jawab dan Gaji

3 min read

Apa Itu CMO

Karyawan.co.id, – Perlu Anda ketahui bahwa dalam sebuah perusahaan pastinya beberapa tipe pimpinan. Salah satunya adalah CMO (chief marketing officer). Tentu saja kecakapan seorang pemimpin harus bisa secara profesional menjalankan tugasnya.

CMO Adalah

Jadi secara sederhana CMO (chief marketing officer) harus mampu mengurus berbagai jenis tugas harian dan menjalankan aktivitas perusahaannya. Selain itu, juga ada yang bertugas mengurus keuangan perusahaan. berikut ini penjelasan lebih detailnya.

Pengertian dari CMO (chief marketing officer) adalah sebuah posisi eksekutif atau seorang pemimpin perusahaan yang mana Ia bertanggung jawab dalam masalah marketing atau bagian pemasarannya. Jadi secara sederhananya masuk pada divisi promosi produk.

CMO juga sebagai salah satu unsur pimpinan yang berkoordinasi saat menjalankan tugasnya. Selain itu juga ada yang mengatakan tanggung jawabnya lebih luas dari pada marketing director. Hal semacam ini terjadi karena memang menjadi pemimpin dari perusahaan tersebut.

Baca juga :

Tugas & Tanggung Jawab CMO

Salah satu fungsinya sebagai pembangun kapabilitas perusahaan, mereka akan pengembangkan inovasi baru. Selain itu juga menjadi pemanis brand story ataupun sebagai sarana konsumen mendapatkan kepuasan tersendiri.

Tugas sebagai seorang pimpinan bidang pemasaran sangat besar sekali. Selain itu chief marketing officer juga mengemban tanggung jawab yang tidak mudah. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini:

1. Menentukan Bentuk Tujuan dan Pencapaian Pemasaran

Menjadi pimpinan CMO sebuah perusahaan tentunya harus memiliki tujuan dan pencapaian dalam melakukan pemasaran. Setelah semua itu terstruktur dengan rapi, maka selanjutnya mengimplementasikan ke bentuk strategi marketingnya.

Menjadi seorang CMO memang harus siap siaga dengan berbagai tanggung jawab yang ada. Dengan demikian setiap keputusan harus bisa terlaksana dengan baik serta cocok pada perusahaannya. Selain itu, juga harus mampu berkomunikasi kepada sesama pimpinan dan jajarannya.

2. Dapat Menyesuaikan Strategi dengan Budget

Bilamana seorang CMO sudah menentukan bentuk tujuan dan pencapaian dalam pemasarannya, maka tugas lainnya harus bisa mengawasi pelaksanaannya. Dengan demikian pekerjaan akan lancar tanpa adanya kesalahan.

Pengawasan pelaksanaan tersebut memang tanggung jawab besar sebagai seorang CMO. Hal ini karena berbagai strategi yang ada pasti membutuhkan dana besar. Jadi agar budget sesuai dengan pencapaian hasil, maka pantauan tersebut harus bisa konsisten.

3. Melakukan Analisis Strategi Perusahaan

Melakukan analisis ini penting ketika semua strategi tersebut bisa berhasil melaksanakannya. Gunanya agar CMO mengetahui proses pelaksanaannya. Seorang pimpinan juga harus dapat memastikan budget dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Selain itu, juga agar bisa menentukan kembali bagaimana strategi kedepannya. Dengan demikian melakukan pemahaman terhadap kondisi pasar dan bisnis secara menyeluruh, maka seorang CMO dapat menetapkan apa langkah selanjutnya.

4. Paham Terhadap Praktik Marketing Terbaru

Perlu Anda ketahui bahwa dunia pemasaran sangatlah dinamis, dalam artian selalu berubah-ubah (perubahan tersebut terkadang tidak menentu). Dengan demikian menjadi seorang CMO ini adalah kewajibannya untuk memahami hal semacam itu.

Jadi dengan memantau setiap perubahan pemasaran, maka pelaksanaan strateginya tidak tertinggal dengan perusahaan yang lain. Dengan demikianlah alasan mengapa seorang CMO sering memunculkan inovasi terbarunya. Di sisi lain juga mengharuskan seorang pimpinan untuk beradaptasi cepat.

5. Mampu Berkontribusi Dalam Pertumbuhan Perusahaan

Pelaksanaan penerapan berbagai strategi ini maka bisa jadi seorang CMO telah melakukan kontribusi pada perusahaannya. Selain itu, juga mampu untuk dapat menghubungkan berbagai perusahaan untuk melakukan kerja sama.

Memang melakukan penggabungan antara perusahaan ini bisa CMO lakukan saat menghadiri konferensi marketing. Jadi momen seperti itulah seorang pimpinan bisa melakukan komunikasi dengan pihak lain. Tujuannya tidak lain untuk supaya perusahaan bertumbuh kembang secara baik.

Cara Menjadi CMO

Selain beberapa hal di atas, tentunya Anda juga harus memahami apa saja kriteria untuk menjadi seorang CMO. Berikut diantaranya:

1. Komunikatif

Bilamana CMO semakin mudah melakukan komunikasi tentunya akan membuat perusahaan lain mau melakukan kerjasama. Selain itu dalam pendekatannya juga secara baik dan tidak keras. Dengan demikianlah siapapun akan mudah dekat.

Memang seorang CMO sendiri adalah orang yang bekerja pada lapangan. Mereka membutuhkan link dalam melakukan pemasaran. Dengan komunikasi yang baik maka dalam memberikan kemudahan pula kerjasama dengan perusahaan lainnya.

2. Profesional

Maksud dari kenikmatan sesaat ini adalah dengan memanfaatkan uang dari hasil fraud. Hal ini akan merugikan perusahaan. Jadi syarat menjadi seorang CMO harus bisa melakukan tugasnya secara jujur dan profesional.

Jadi kejujuran seorang CMO haruslah wajib ada. Jangan sampai akibat gemerlap dunia menjadi melakukan apapun (bukan haknya untuk keperluan pribadi). Hal semacam ini bukanlah merugikan orang lain saja, namun akan juga rugi pada diri sendiri.

3. Jeli Mengambil Keputusan

Seorang CMO harus bisa jeli dalam melakukan survey. Jadi mereka harus bisa menentukan konsumen yang cocok dan layak. Dengan demikian, maka pastikanlah perolehan data haruslah baik bukan sekedar omong kosong.

Seorang CMO yang jeli pastinya akan mendapatkan konsumen yang berkualitas pula. Dengan kebaikan kualitas tersebut, akan memudahkan melakukan bisnis tanpa ada kendala fatal. Jadi intinya salah mengambil keputusan, maka akibatnya pada tahun-tahun ke depan/.

4. Belajar dengan Senior dan Jangan Malu

Bila seorang CMO itu masih amatiran, maka cobalah belajar dengan seniornya. Jangan sampai egois menjadikan bekerja sendiri tanpa perlu bantuan orang yang sudah pengalaman. Jadi dari merekalah akan mendapat pengetahuan banyak.

Selain itu seorang pemimpin jangan memiliki rasa malu saat berkomunikasi dengan konsumen atau tim lainnya. Jangan mudah menyerah saat melakukan cek dan ricek. Jadi sebelum data tersebut deal maka coba galilah lebih dalam agar mendapatkan kepastian informasi.

Persyaratan dan Gaji Menjadi CMO

Menjadi seorang CMO (chief marketing officer) tentu harus memiliki beberapa persyaratan tersendiri agar bisa bekerja dengan baik. Berikut beberapa penjelasannya.

  • Pria/Wanita.
  • Menempuh pendidikan minimal D3/S1 pada semua jurusan/ minimal SMA. Memiliki pengalaman sebagai marketing/ pernah menjadi sales pada sebuah perusahaan pembiayaan atau perbankan.
  • Memiliki usia maksimal 37 tahun dengan pengamalan kerja +3 tahun.
  • Baru lulus kuliah juga boleh.
  • Mampu bekerja secara konsisten atau pekerja keras dengan skill baik sekaligus loyalitas tinggi.
  • Mampu dan mau bekerja dengan tim lain.
  • Kuat bekerja dalam setiap tekanan.
  • Sudah memiliki SIM C dan kendaraan bermotor.

Indonesia sendiri untuk CMO sendiri mendapatkan bayaran sekitar Rp20.457.399 per bulannya. Perkiraan tersebut berdasarkan pada 387 gaji yang pengirimannya secara anonim kepada setiap Indeed oleh para karyawan chief marketing officer.

Penutup

Untuk Menjadi seorang chief marketing officer, tentu tidak semudah bayangan. Selain kerja keras juga disertai faktor prestasi dalam beberapa hal lainnya, salah satunya yaitu pengalaman kerja. Jika memang Anda sudah menggelutinya saat ini, pastikan betanggung jawab atas pekerjaan tersebut.

karyawan Hanya karyawan biasa yang kini sudah menjadi Direktur di perusahaan digital ternama di Indonesia. Ayo jadi karyawan sukses bersama Karyawan.co.id!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *