karyawan Hanya karyawan biasa yang kini sudah menjadi Direktur di perusahaan digital ternama di Indonesia. Ayo jadi karyawan sukses bersama Karyawan.co.id!

Marketing : Fungsi, Tugas dan Tanggung Jawab, Gaji

3 min read

Apa Itu Marketing

Karyawan.co.id, – Dalam dunia perdagangan atau bisnis, istilah marketing ini sangat umum terlebih dalam hal promosi produk. Kata tersebut sebenarnya merupakan sebuah rangkaian dengan tujuan untuk memuaskan konsumen. Akan tetapi supaya lebih memahami, perhatikan beberapa ulasan berikut.

Apa Itu Marketing?

Marketing sebenarnya merupakan istilah dalam bahasa Inggris yang berarti pemasaran. Namun, untuk definisi detailnya tentu bukan hanya tentang bagaimana mempromosikan produk supaya masyarakat bisa mengetahuinya.

Akan tetapi, marketing memiliki makna lebih dalam daripada hanya sekedar pemasaran. Yaitu merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang harus ada sehingga bisa mengetahui apa kesukaan dan kebutuhan konsumen.

Jadi, sudah pasti hal tersebut mencakup riset dan analisis pasar, apalagi konsumen sebagai objek kerap kali merasa bingung akan sebuah produk.

Fungsi Marketing

Seperti maknanya bahwa marketing ini merupakan serangkaian kegiatan pemasaran sehingga memiliki target dan tujuan yang jelas. Selain itu, istilah tersebut pun juga merujuk pada berbagai fungsi, diantaranya:

1. Promosi

Bisnis apapun promosi adalah komponen yang paling penting dan orang yang menjalankannya disebut sebagai marketer. Jadi, secara tidak langsung kebutuhan marketing beserta segala strateginya harus ada.

Dalam melakukan promosi pun tidak bisa sembarangan karena harus bisa menganalisa dan menentukan cara, strategi hingga media yang tepat. Tentu dalam setiap langkahnya marketing harus memikirkan siapa targetnya, remaja, orang tua, anak-anak ataukah semua kalangan.

2. Distribusi

Marketer memiliki fungsi distribusi yang artinya harus mampu mencari lokasi-lokasi strategis tempat pemasaran produk. Adanya hal tersebut akan membuat konsumen lebih mudah dalam mendapatkan barangnya.

Oleh karena itu, setiap selesai memproduksi suatu produk, maka pasti pihak produsen harus segera mengedarkannya supaya cepat sampai ke tangan konsumen.

3. Riset

Selain melakukan berbagai cara pemasaran suatu produk, marketer juga berfungsi untuk melaksanakan dan mengatur riset. Hal ini bertujuan supaya bisnis tersebut mampu menentukan target market yang pas.

Adanya target market yang sesuai juga akan membuat produk tepat sasaran sehingga bisa laris manis. Kemudian salah satu cara melakukan riset pasar ini biasanya marketing mengadakan survei untuk memperoleh kesimpulan.

4. Penjualan

Beberapa kali telah menyinggung bahwa marketer akan berhubungan langsung dengan penjualan. Begitu pula dengan fungsi yang harus ia lakukan kepada konsumen sehingga bisa mencapai target yang sesuai.

Pada dasarnya fungsi penjualan ini bertujuan untuk membantu sales dalam memasarkan produknya kepada konsumen. Bahkan bisa jadi tim marketing adalah sales itu sendiri sehingga akan terjun langsung untuk melakukan berbagai promosi.

Tugas dan Tanggung Jawab

Seorang marketing memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat penting dalam dunia bisnis. Bahkan ia adalah penentu kesuksesan suatu produk tersebut hingga konsumen mampu menerimanya. Oleh karena itu, supaya lebih paham berikut ini ulasannya:

1. Riset pasar

Tugas seorang marketing yang paling utama adalah melakukan berbagai riset pasar sehingga bisa membuat sebuah produk sesuai keinginan konsumen. Sebab, dalam hal ini ia akan mengetahui kebutuhan calon pelanggan.

Selain itu, dalam penentuan harga pun juga perlu adanya riset yang tepat oleh tim marketing. Hal ini karena telah mengetahui bahwa tarif suatu produk karena adanya banyak faktor seperti tingkat produksi, keunggulan, biaya dan lain sebagainya.

2. Perencanaan produk

Setelah melakukan berbagai riset, seorang marketing pun harus mampu merencanakan sebuah produk dari hasil survei tersebut. Kemudian mengusulkannya kepada tim produksi sehingga bisa menjadi sebuah barang yang memiliki peluang tinggi.

3. Strategi pemasaran

Sebelumnya telah sedikit menyinggung bahwa marketing itu berarti pemasaran. Hal ini pun sama dengan tugas dan tanggung jawabnya, yaitu mengenai promosi. Akan tetapi bukan hanya membuat iklan biasa melainkan harus mengetahui pula strateginya.

Oleh karena itu, supaya target pemasaran sebuah produk bisa mencapai klimaksnya, maka tim marketing harus mampu membuat strategi yang tepat. Bisa dengan menerapkan bentuk maupun media promosi sehingga bisa memperoleh hasil yang sesuai.

4. Pelayanan Terhadap Konsumen

Meskipun kualitas dan kesesuaian suatu produk menjadi hal utama dalam menentukan target penjualan. Akan tetapi, pelayanan terhadap konsumen pun juga ikut ambil peran sehingga marketer tidak boleh melupakannya.

Tim marketing sebagai perwakilan dari perusahaan apabila mampu memberikan pelayanan yang baik dan membuat nyaman konsumen, maka mereka pun juga akan memberikan timbal balik berupa keloyalan.

Syarat Menjadi Marketing

Seorang marketing adalah ujung tombak dari perusahaan sehingga apa yang ia lakukan akan berpengaruh pada kesuksesan suatu produk di pasaran. Untuk itu, supaya bisa menjadi marketer yang handal pun Anda harus bisa memenuhi berbagai syarat seperti berikut ini:

1. Keterampilan perhitungan

Selain berlatar belakang pendidikan ekonomi, tim marketing harus pandai dalam memperhitungkan suatu produk sehingga bisa memperoleh harga yang sesuai saat konsumen menerimanya. Apabila dalam bisnis kuliner, maka biasanya disebut sebagai food cost.

Bahkan apabila tiba-tiba mendapatkan penawaran harga, tim marketing akan langsung bisa menemukan solusinya karena sebelumnya telah memahami perhitungan harga produk.

2. Kemampuan Komunikasi

Dalam kegiatan marketing, komunikasi menjadi hal utama yang harus ada. Memiliki kemampuan cara berbicara yang baik akan menentukan closing akhir sehingga konsumen sampai bisa memutuskan mengeluarkan uangnya untuk sebuah produk.

Tentu untuk memperolehnya harus dengan latihan berkomunikasi terlebih public speaking. Selain itu, cara bicara yang baik dan meyakinkan secara tidak sadar akan membuat konsumen percaya, bahwa produk tersebut adalah apa yang mereka butuhkan.

3. Memiliki Banyak Relasi

Kemampuan komunikasi dan kesulitan tim marketing pada akhirnya akan menimbulkan banyak relasi atau jaringan pertemanan yang ia miliki. Apalagi jika sebelumnya telah memiliki banyak pengalaman dalam bidang tersebut.

Memiliki banyak relasi akan memberikan keuntungan pribadi bagi tim marketing, tetapi juga bagi perusahaan itu sendiri. Bahkan hal tersebut akan kian memudahkan dalam proses promosi dan juga melakukan berbagai penawaran maupun kerjasama.

Berapa Gaji Seorang Marketing?

Sebenarnya apabila berbicara mengenai gaji, maka hal tersebut bergantung pada seberapa lama ia berkecimpung dalam dunia marketing dan bagaimana kemampuannya. Sebab, pada dasarnya terdapat tiga tingkatan untuk jabatan tersebut.

Diantaranya adalah staff marketing tanpa pengalaman akan memperoleh upah sebesar Rp 3 juta atau setara UMR. Sedangkan yang telah cukup lama berkecimpung dalam dunia tersebut minimal 5 tahun, maka bisa mencapai Rp 5 juta per bulannya.

Kedua adalah tingkatan untuk manajer marketing bisa memperoleh gaji mulai dari Rp 5,5 juta sampai Rp 6,5 juta. Sedangkan tingkatan paling tinggi atau top level, maka upah yang berhak ia terima bisa mencapai Rp 20 juta sampai 200 juta. Tentu hal tersebut berdasarkan kemampuannya.

Penutup

Bagaimana? Apakah Anda mulai tertarik untuk terjun ke dunia marketing? Meskipun terlihat mudah akan tetapi pekerjaan tersebut harus sebanding dengan tingkat pendidikan serta soft skill maupun hard skill yang ia miliki. Jadi, tetap saja tidak bisa asal menjadi marketer ya!

karyawan Hanya karyawan biasa yang kini sudah menjadi Direktur di perusahaan digital ternama di Indonesia. Ayo jadi karyawan sukses bersama Karyawan.co.id!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *