karyawan Hanya karyawan biasa yang kini sudah menjadi Direktur di perusahaan digital ternama di Indonesia. Ayo jadi karyawan sukses bersama Karyawan.co.id!

General Manager : Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab, Gaji

3 min read

Apa Itu General Manager

Karyawan.co.id, – Saat mendengar jabatan genaral manager seolah melihat sosok yang sangat berkuasa, memiliki posisi penting di perusahaan. Membayangkan menjadi seorang general manager, akan sangat disegani oleh karyawannya.

Mejadi seorang General Manager (GM) tentunya memiliki tugas dan tanggung jawab yang berat. Sebelum bercita-cita menjadi bos besar ini, kenali dulu tugas dan tanggung jawabnya.

General Manager Adalah

Genera Manager adalah pejabat tertinggi di sebuah perusahaan, namun posisi ini lebih rendah dari CEO (Chief Executive Officer).

General manager atau manager umum adalah seorang yang bertanggung jawab pada seluruh bagian atau fungsional suatu perusahaan atau organisasi.

Beberapa manajemen dibawah naungan GM diantara manager marketing, manager keunangan atau manager lainnya yang ada di perusahaan. Kinerja mereka nantinya akan di-review dan dievaluasi oleh general manager.

Bisa dibilang, GM adalah atasan dari manager-manager per divisi di sebuah perusahaan. Makannya, tugas GM sangat banyak dan berat.

Posisi GM berada di bawah presiden direktur, maka ia harus mampu membuat keputusan dan bertanggung jawab atas terwujudnya tujuan perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab General Manager

General Manager memegang jabatan penting yang sangat berpengaruh pada perusahaan. Ia memiliki tugas yang tidak main-main. Sesorang harus memiliki pengalaman tinggi untuk bisa menjabat posisi ini.

  • Membuat keputusan dan kebijakan jangka pendek maupun jangka panjang dan dapat bertanggung jawab atasnya.
  • Merencanakan, mengimplementasikan, mengoordinasikan, memantau, dan menganalisis seluruh kegiatan komersial perusahaan.
  • Mengelola operasional perusahaan.
  • Menjalankan perusahaan sesuai visi dan misi perusahaan.
  • Menetapkan standar proses dan standar bisnis.
  • Mengembangkan rencana strategis dengan menyesuaikan teknologi dan keuangan.
  • Memastikan tsrategi telah diaplikasikan oleh setiap departement.
  • Berpartisipasi dalam seminar atau kegiatan konferesni guna memelihara pengetahuan profesional dan teknis.
  • Mampu memimpin perusahaan dan mampu memotivasi karyawannya dengan menciptakan suasana kerja yang positif.
  • Menjadi jembatan antara pimpinan dan karyawannya dalam penyampaian ide, gagasan dan strategi.
  • Menjaga citra baik perusahaan.
  • Mampu mempertahankan kualitas layanan dengan menyesuaikan standar perusahaan.
  • Bertanggung jawab ke dalam dan ke luar perusahaan.

Wewenang General Manager

Sebagai GM tidak hanya menjalankan tugas dan tanggung jawab besar, tetapi dia juga memiliki kuasa atau hak atas posisinya di perusahaan.

  • Mempunyai hak untuk memberikan saran pada para manager agar segala operasional berjalan dengan baik serta produktivitas meningkat.
  • Memiliki wewenang menandatangani dokumen terkait produksi yang sejalan dengan peraturan perusahaan.
  • Berkuasa dalam mengevaluasi dan memutuskan promosi, penurunan kualitas dan transfer bawahan pada manager.
  • Membuat keputusan dan kebijakan tentang tujuan yang harus dicapai perusahaan.
  • Mengatur tugas seluruh manajemen yang dibawahi GM, sesuai dengan struktur kerja perusahaan.
  • Membuat peraturan internal perusahaan selama tidak bertentangan dengan perusahaan.

Kriteria & Syarat Menjadi General manager

Siapa yang tak ingin menduduki jabatan sebagai general manager? jabatan ini merupakan impian kebanyakan karyawan yang mengejar kedudukan.

Menjadi GM memiliki wewenang lebih atas perusahaan, juga mempunyai hak untuk mengontrol sistem internal perusahaan.

Tapi, untuk menduduki posisi general manager tentu saja tidak mudah. Kamu harus memenuhi syarat kualifikasi yang tinggi untuk bisa menjadi GM.

Seorang GM harus memiliki pemikiran yang visioner, lebih cerdas dari bawahannya, dan mampu membuat perencanaan strategis. Berikut ini kriteria dan syarat yang harus dimiliki jika ingin menjadi GM.

  • Minimal pendidikan lulusan S1 atau S2 sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.
  • Memiliki pengalaman dalam menajemen bisnis, perencanaan, dan pengawasan keuangan.
  • Memiliki keterampilan presentasi dan analisis yang baik.
  • Sebagai seseorang yang memiliki kedudukan tinggi, GM harus mampu menjadi panutan, motivator, problem solver bagi karyawannya.
  • Mampu memantau bawahannya secara langsung maupun tidak langsung.
  • Memiliki sikap kepemimpinan yang baik serta bijaksana dan adil.
  • Mampu mengambil keputusan yang tepat dan kemampuan mempertimbangkan suatu keputusan.
  • Mampu menjalankan pekerjaan dengan cepat.
  • Seorang GM harus solutif.

Skill yang Harus Dimiliki General Manager

Seorang Gm harus memiliki kemampuan tinggi, cakap dalam segala hal, antara lain:

  1. Kemampuan berkomunikasi

Sebagai GM harus berpartisipasi dalam seminar atau pertemuan lainnya, juga sebagai jembatan antara pimpinan dan karyawan. Maka, seorang GM harus memiliki kemampuan berkomunikasi agar pesan bisa tersampaikan dengan baik.

Komunikasi yang baik juga memperlancar jalannya kativitas perusahaan. Komunikasi yang baik juga meminimalisir terjadinya miss kominikasi.

  1. Presentasi

Masih berkaitan dengan tugas GM yang harus mahir melakukan presentasi untuk setiap evaluasi dan masalah yang terjadi. Maka, kemampuan presentasi juga penting dimiliki oleh seorang GM.

Seorang GM harus bisa menyampaikan presentasi secara jelas dan detail. presentasi juga disampaikan secara runut sehingga karyawan bisa menerima secara jelas.

  1. Mahir menjalankan komputer

Sebagai karyawan, sudah seharusnya akrab dengan teknologi satu ini, komputer atau bisa juga laptop. Sebagai seorang gm seharusnya lebih mahir dalam mengoperasikan komputer.

Kemampuan dalam hal teknologi dan digital juga harus dimiliki seorang GM. Posisi ini juga menuntut untuk mampu beradaptasi dengan kemajuan zaman.

  1. Monitoring

General manager memiliki hak untuk me-monitoring perusahaan. Kagiatan ini akan sangat berdampak terhadap jalannya perusahaan. Meski sudah ada divisi yang melakukannya, namun GM juga perlu mengamati kondisi lapangan secara langsung.

  1. Pengalaman

Seorang karyawan biasa tidak mungkin secara mendadak bisa menduduki jabatan general manager. Bisa-bisa perusahaan tidak tentu arah.

Seorang GM setidaknya harus menguasai pengalaman bawahannya. Dengan begitu ia akan profesional dalam menangani tugasnya.

  1. Skill management

Skill management wajib dimiliki oleh setiap pimpinan perusahaan yang memiliki jabatan lebih tinggi, termasuk general manager. Sebab mereka bertanggung jawab atas pengelolaan perusahaan, maka dibutuhkan kemampuan management yang mumpuni.

  1. Optimis

Sebagai general manager yang harus bisa memotivasi karyawannya, maka ia harus selalu optimis dalam menjalankan perkerjaannya. Optimisme ini mampu memengaruhi karyawannya untuk lebih percaya diri menjalankan perusahaan.

Gaji General Manager

Mengingat tugas dan tanggung jawab serta kriteria seorang GM yang berat, tidak mungkin ia menerima gaji yang kecil. Selain posisinya yang menjanjikan, gaji seorang general manager menjadi alasan lain mengapa posisi ini menjadi idaman banyak orang.

Gaji seorang general manager setidaknya mencapai Rp 75 juta sampai Rp 100 juta perbulannya. Timbal balik yang sepadan untuk tugas serta resiko pekerjaannya.

Penutup

Menjadi seorang GM memegang peranan penting di perusahaan. Ia bertanggung jawab atas segala keputusan dan kebijakan yang berjalan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Sebagai seorang general manager harus memiliki skill yang mumpuni, setidaknya di atas rata-rata karyawannya.

General manager adalah pimpinan tertinggi dalam operasional perusahaan yang membawahi begitu banyak manajemen. Maka sangat dibutuhkan skill kepemimpinan serta memiliki ketajaman bisnis.

Selain itu memiliki gagasan dan strategi yang cerdas sehingga mampu memimpin jalannya perusahaan.

Memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar, gaji seorang GM tentu saja tinggi. Meski setiap perusahaan mematok gaji yang berbeda-beda, namun rata-rata gaji general meneger mencapai puluhan hingga ratusan juta. Gaji setinggi itu tentu tergantung sebesar apa perusahaan yang dipimpin.

karyawan Hanya karyawan biasa yang kini sudah menjadi Direktur di perusahaan digital ternama di Indonesia. Ayo jadi karyawan sukses bersama Karyawan.co.id!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *