karyawan Hanya karyawan biasa yang kini sudah menjadi Direktur di perusahaan digital ternama di Indonesia. Ayo jadi karyawan sukses bersama Karyawan.co.id!

HRD dan Personalia Banyak Mengaanggap Sama

1 min read

HRD dan Personalia

HRD dan Personalia – Hampir semua perusahaan besar biasanya ada bagian HRD (Human Resource Department) dan Personalia. Dua bagian ini sangat familiar di telinga dan di dunia kerja.

Namun masih banyak yang mengira jika dua bagian ini adalah satu bagian yang sama hanya beda penyebutan saja.Dan merupakan dua hal yang berbeda mulai dari fungsi hingga tanggung jawabnya.

Dua bagian ini memang saling berkaitan, makannya tidak heran jika masih banyak yang mengira HRD dan Personalia adalah satu bagian yang sama. Lebih baik, ketahui jika kedua hal ini sangatlah berbeda agar tak terjadi kesalahan nantinya.

HRD dan Personalia Apa Perbedaannya?

Perbedaan HRD dan Personalia :

HRD

HRD juga sering disebut Departemen Sumber Daya Manusia (SDM), bagian ini tugasnya mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan pegawai dari proses rekrutmen, pengembangan, evaluasi, konsultasi, administrasi, kenaikan jabatan hingga PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Bagian ini hampir tak pernah kosong mengisi posisi di perusahaan besar.

Peran HRD sangat penting dan tanggung jawabnya besar atas produktivitas pegawai agar target perusahaan tercapai. Garis besarnya, HRD mengurus berbagai masalah yang terjadi di lingkup pegawai level bawah hingga level managerial.

Tugas, Peran dan Tanggung Jawab HRD

  • HRD bertugas mempersiapkan dan melaksanakan proses rekrutmenkaryawan baru yang meliputi pembuatan planning open rekrutmen, tahap seleksi hingga penempatan karyawan yang telah diterima.
  • Bertanggung jawab menjamin mutu dan kualitas pegawai di perusahaan dengan membuat agenda pengembangan SDM seperti pelatihan, seminar dan lainnya.
  • Berperan mendorong pegawai agar produktif dalam mengerjakan tugas-tugas mereka.
  • Melakukan evaluasi berkala untuk memastikan pegawai telah berdedikasi pada perusahaan.
  • Berperan dalam memberikan perlindungan hak-hak yang dimiliki karyawan. Hak bisa berupa gaji, bonus, fasilitas dan hak lainnya.
  • Bertugas menangani masalah yang dialami pegawai.

Personalia

Sementara bagian personalia bertugas mengelola serangkaian kegiatan SDM yang berhubungan dengan bidang administratif seperti employee database, payroll dan pembayaran benefit lainnya. Termasuk pinjaman karyawan, absensi, catatan cuti tahunan, filling dokumen dan rekrutmen.

Tugas, Peran dan Tanggung Jawab Personalia

  • Sosialisasi dan koordinasi
  • Menyiapkan perjanjian kerja dengan karyawan baru
  • Menyusun absensi daftar hadir
  • Penerimaan tenaga kerja koordinasi dengan labour supply
  • Menyiapkan internal letter dan outgoing letter
  • Melakukan update dan record data

Kesimpulan

Meski masih berada satu atap, Perbedaaan HRD dan Personalia terdapat pada ruang lingkup kerja. Personalia memegang tanggung jawab di bagian administrasi yang mendukung fungsi HRD.

Dan saling berkaitan untuk mendukung berjalannya masing-masing fungsi. Hanya saja, banyak perusahaan yang juga perusahaan yang hanya memiliki bagiannya saja, yang juga mengerjakan bagian Personalia.

karyawan Hanya karyawan biasa yang kini sudah menjadi Direktur di perusahaan digital ternama di Indonesia. Ayo jadi karyawan sukses bersama Karyawan.co.id!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *