Masalah HRD yang sering terjadi – HRD atau Human Resources Development merupakan bagian atau departemen yang bertugas mengelola sumber daya manusia di perusahaan. Tugas mereka meliputi perencanaan SDM, rekrutmen dan seleksi, pengembangan dan pelatihan, performance management, kompensasi dan benefit dan hubungan industrial.
Tugas yang begitu kompleks tak jarang menimbulkan masalah. Sebaiknya, berbagai persoalan yang sering di hadapi oleh HRD ini segera dievaluasi.
Kenali masalah HRD yang sering terjadi ini agar segera bisa memiliki rencana cadangan ketika kelak benar-benar terjadi. Berikut ulasannya.
- Baca Juga : Perhitungan Gaji Karyawan
Masalah HRD yang sering terjadi
1. Penggajian Karyawan
Perhitungan gaji biasanya di kerjakan oleh bagian administrasi. Namun HRD juga nantinya memeriksa ulang dengan teliti slip gaji yang meliputi upah, tunjangan, lembur, BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan hingga pajak penghasilan (PPh 21) karyawan.
Pekerjaan ini memiliki resiko human error yang tinggi, bisa terjadi salah hitung. Juga ketika gaji terlambat di berikan, bagian pertama yang di salahkan adalah HRD. Solusinya, bisa menggunakan aplikasi payroll.
2. Retensi dan Turnover Karyawan
Retensi di sini adalah upaya perusahaan mempertahankan karyawan yang memiliki potensi loyal atau bisa juga upaya untuk mempertahankan karyawan tetap berada di perusahaan. Sementara tturnover pergantian karyawan lama (resign) oleh karyawan baru. Dua hal ini adalah tanggung jawab HR.
HR di tuntut mengerti kebutuhan karyawan. Selain gaji, tunjangan dan bonus, lingkungan kerja yang positif dapat meningkatkan retensi karyawan. Lingkungan kerja yang nyaman dan kooperatif membuat karyawan betah bekerja.
3. Motivasi dan Produktivitas Kryawan
Motivasi kerja karyawan yang berdampak pada produktivitas juga menjadi tanggung jawab HR. Permasalahan ini harus di evaluasi dan HR harus bisa membuat karyawan semangat bekerja.
HR di tuntut memiliki cara yang kreatif untuk membangkitkan semangat karyawannya. Untuk bisa mencari solusi, hal pertama yang harus di cari tahu terlebih dahulu adalah pokok permasalahan yang membuat produktivitas karyawan menurun.
4. Pengembangan Kemampuan Karyawan
HR harus bisa memberikan pengembangan dan pelatihan pada karyawan sampai mereka betul-betul menguasi skill mereka. Pekerjaan ini merupakan hal penting untuk meningkatkan kapasitas karyawan.
Di sini, HR di harapkan memiliki strategi yang lebih efektif dalam pengembang kemampuan karyawan yang tepat. Keuntungan perusahaan dan benefit yang di terima karyawan harus seimbang.
5. Rekrutmen
Mencari karyawan baru bagi HR tentu tidak semudah yang di bayangkan. Menemukan calon karyawan yang sejalan dengan visi misi perusahaan sangatlah sulit. Sering kita jumpai karyawan yang hanya bertahan beberapa bulan saja. Ini yang menjadi masalah.
Saat proses perekrutan, HR harus bisa menilai dan memastikan calon karyawan bisa bertahan di perusahaan. Kegagalan dalam merekrut sangat merugikan perusahaan, baik waktu dan materi,
Kesimpulan
Permasalahan HR di tiap perusahaan rata-rata sama. Bagian ini di tuntut bisa menjadi tumpuan karyawan yang sedang memiliki masalah dengan pekerjaan.
Sebagai HRD, harus memiliki sikap yang profesional pula. Bisa memisahkan urusan pribadi dan pekerjaan.