Karyawan.co.id – Ada banyak istilah dalam Dunia Kerja yang belum pernah kita dengar sebelumnya. Misalnya istilah dalam dunia kerja yang bisa bikin bingung ketika pertama kali mendengarnya.
Istilah-istilah dalam dunia kerja ini sering dipakai oleh atasan pada karyawan atau sesama rekan kerja. Istilah ini digunakan untuk mempersingkat atau mewakili pesan yang akan disampaikan. Jadi akan lebih efisien dan tidak membuang wantu.
Nah, istilah dalam dunia kerja ini bisanya berupa akronim atau bahasa inggris. Sebelum bertemu secara langsung dengan istilah-istilah ini, baiknya kalian tahu dulu supaya tidak gagap dan bisa mnerima maksud dari atasan atau rekan.
- Baca juga : Alasan Lamaran Kerja Ditolak
Istilah dalam Dunia Kerja
1. Remote Working
Remote Working atau bekerja jarak jauh adalah istilah sebuah konsep pekerjaan yang tidak mewajibkan karyawan bekerja di kantor. Konsep ini memungkinkan karyawan untuk kerja di mana saja, seperti di rumah, cafe, working space atau lainnya.
Biasanya karyawan yang melakukan remote working berprofesi sebagai freelance. Beberapa perusahaan start-up juga sudah menerapkan konsep ini.
2. ASAP
Merupakan akronim dari As Soon As Possible, sebagai penanda tugas yang diberikan harus segera dikerjakan karena deadline sudah dekat atau pekerjaan tersebut sudah sangat dibutuhkan. ASAP biasanya dipakai untuk laporan yang sifatnya dadakan.
Kata ASAP biasanya dipakai oleh atasan pada bawahan. Jika mendapat pesan ASAP dari atasan, baiknya segera dikerjakan, ya, karena biasanya bos juga akan memintanya secara dadakan.
3. Follow Up
Follow up adalah tindakan untuk menindaklanjuti dan mengetahui perkembangan suatu aktivitas. Istilah ini biasnaya digunakan oleh atasan pada bawahan ketika pekerjaan tak kunjung selesai.
Follow up juga sering dilakukan untuk memberitahu perkembangan sebuah kerja sama atau perilisan produk pada partner atau konsumen.
4. Over Time
Istilah ini sering sekali kita dengar dari mulut karyawan saat makan siang, pulang kerja atau nongkrong sebagai keluhan. Ya, karena over time adalah jam lembur atau bekerja lewat dari jam kerja.
Beberapa perusahaan memberikan kompensasi per jam pada karyawan yang over time. Tetapi ada pula yang tidak memberikan uang lembur pada karyawannya. Makannya, bagi sebagian karyawan, overtime bisa jadi hoki dan bisa jadi beban.
5. Key Performance Indicators (KPI)
KPI adlaah indikator untuk menentukan penilaian karyawan berdasarkan tugas yang diampunya. Bisa dikatakan, lewat KPI ini perusahaan akan melihat performa kerjamu.
Selain melihat secara langsung, perusahaan juga menilai kinerjamu dari hasil KPI. Bentuk KPI sendiri berupa tabel, setiap baris dan kolom berisi poin-poin indikator performa.
Istilah dalam dunia kerja di atas semoga bisa membantu menyelami dunia kerja.